PENGARUH MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 23 JAKARTA TIMUR

  • Sukardi Sukardi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

Abstract

Adanya permasalahan tentang kesulitan menulis deskripsi membuat penelitian ini berusaha untuk
memberikan solusinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar fotografi
terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas XI. Era modern ini beberapa siswa menyukai
atau hobi dengan fotografi, sehingga dilakukan eksperimen dengan media tersebut. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design quasi
eksperimental dengan menghitung menggunakan sofware SPSS 16. Pada penelitian ini
menggunakan populasi kelas XI SMA Muhammadiyah 23 Jakarta Timur ± 62 siswa. Kemudian
dilakukan random sampling dengan mengundi kelas yang akan dijadikan sampel. Maka didapatkan
kelas sampel XI IPA 1 dengan jumlah sampel 25 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
Diketahui dari 25 responden nilai signifikan untuk pre-test sebesar 0,319 dan nilai signifikan
untuk post-test sebesar 0,212. Nilai signifikan yang ditetapkan pada penelitian ini adalah 0,05. Maka
nilai signifikan pre- test 0,319> 0,05 dan nilai signifikan post-test 0,212> 0,05. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa data pre-test dan data post-test berdistribusi normal. Nilai t hitung sebesar
-2,818 degan signifikan 0,010. Nilai signifikan 0,000 < 0.05, maka terdapat perbedaan yang
signifikan pada kemampuan menulis deskripsi sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test). Dapat
dinyatakan bahwa media gambar fotografi dapat dijadikan salah satu cara pembelajaran
menulis deskripsi.
Kata kunci :Media gambar fotografi, Menulis Deskripsi, SMA

Published
2018-09-01
Section
Articles