PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 JAKARTA TIMUR

  • Nawawi Nawawi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
  • Indah Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
  • Irna Tri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
Keywords: Media Film Animasi, Menulis, Persuasi

Abstract


Nawawi1
, Indah Rahmayanti1
, dan Irna Tri Wahyuni1
1Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Email: indahmartosudiro@yahoo.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh antara media film animasi dengan kemampuan
menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jakata Timur. Metode dalam penelitian ini
adalah metode True Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menulis teks
persuasi. Pada kelas eksperimen diberikan materi teks persuasi dengan menggunakan media film
animasi. Sedangkan pada kelas kontrol diberikan materi teks persuasi tetapi tidak menggunakan
media film animasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jakarta Timur.
Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B dan VIII C. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII C sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa 34 setiap kelasnya. Uji normalitas setelah
perlakuan menggunakan lilliefors. Hasil perhitungan diperoleh t0 (3.287) > tt (1.668) dengan taraf
signifikansi 5% atau α = 0.05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh media film animasi
terhadap kemampuan menulis teks persuasi.

Author Biography

Irna Tri Wahyuni, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

Nawawi1

, dan 
1Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Email: 

Published
2018-09-01
Section
Articles